Suporter Sepak Bola Indonesia Susah Bersikap Dewasa

foto dari detik.com
Membahas tentang sepakbola tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari membahas para pemainnya, clubnya, manajemennya, negaranya, atau membahas suporternya, tidak akan pernah selesai dibahas dan diulas dalam waktu berjam-jam.

Yang ingin saya bahas sekarang yaitu tentang suporternya. Suporter sepakbola di indonesia bisa dikatakan merupakan suporter fanatik, mau menang atau kalah, dimanapun diadakan pertandingan pasti selalu hadir untuk menonton dan menyemangati tim favortinya.

Menonton dan menyemangati tim favorit memang bagus untuk menambah semangat para pemain dalam pertandingan, namun yang menjadi masalahnya adalah saat tim kesayangan mengalami kekalahan, banyak suporter yang tidak bisa menerima tim kesayangannya kalah dan malah membuat rusuh diluar ataupun didalam stadion. Tindakan rusuh yang dilakukan diantaranya membakar petasan didalam stadion, melemparkan benda-benda kedalam lapangan atau pemain, tawuran antar suporter, melempari bis pemain dengan batu, merusak fasilitas stadion dan masih banyak lagi.
Yang lebih membuat miris adalah bukan hanya kerusuhan antar suporter beda club yang terjadi namun saat pertandingan timnas indonesiapun terjadi bentrokan, seperti yang terjadi setelah pertandingan Indonesia vs Bahrain, dimana indonesia menderita kekalahan 0-2, ada beberapa orang suporter indonesia yang berasal dari bandung diserang oleh belasan orang suporter indonesia lainnya.

Tindakan suporter seperti ini menandakan bahwa suporter sepakbola di indonesia belum dapat bersikap dewasa. Seharusnya suporter yang baik dapat menerima hasil akhir pertandingan dengan ikhlas mau itu menang ataupun kalah karena didalam pertandingan selalu ada menang ataupun kalah.
Memang tidak semua suporter sepakbola di Indonesia bersikap anarkis namun tidak sedikit yang sering bersikap anarkis sehingga mencoreng nama baik suporter sepakbola di indonesia.


Menurut pendapat saya pribadi, tindakan keras terhadap suporter yang bertindak anarkis wajib dilakukan secara terus menerus untuk membuat efek jera, karena jika suporter terus menerus bertindak anarkis yang akan rugi juga persepakbolaan indonesia sendiri, yang akan kena sanksi ya tim sepakbola itu sendiri.


Mendukung tim kesayangan itu bagus dan lebih bagus jika sebagai suporter kita bisa menunjukan sikap sportif, jangan hanya saat menang saja bersemangat namun saat kalahpun harus bisa menerima dengan ikhlas.

0 comments:

Post a Comment